'ngeyel'isme  

Posted by lestanto

Adaaaa aja jawabannya kalo kita ditantang ditanyai untuk buka usaha, terutama untuk orang yang ngga bermindset jadi pedagang. Coba deh tanyain aja ke orang-orang yang emang ngga bermindset jadi pedangang.
Kita ambil aja beberapa point2 yang mungkin dibahas, seperti soal: modal, produk, tempat, sama umur.
Coba kita mulai,
Soal Modal:
Pertama jawabannya: "Wah, ga punya modal e".
Yang kedua (kalo yang udah punya modal uang): "Lhah, nanti modalnya bisa balik nggak?"
Soal Produk:
Produk tu ada yang terkenal/ branded sama tidak terkenal.
Jawaban yang mungkin:
Kalo di kasi produk yang terkenal. Misalnya aja di suruh jualan motor, dikasi yang merk Honda, Yamaha, Suzuki. Jawabannya: "Lhah, kan udah banyak tu yang jualan. Saingannya dah banyak tu yang jualan kaya gitu!"
Kalo di kasi produk yang ngga terkenal. Misalnya produk Cina, Jialing,dkk..apalagi yah merek2 cina xiaoyiao..(hehehe..ngarang).
Jawabannya: "Wah motor apaan tu? kaya gitu apa ada yang mo beli? apa ya laku?"
Soal Tempat:
Tempat itu ada dua macem, tempat yang strategis/ rame sama tempat yang ngga strategis alias sepi.
Kalo dikasi tempat yang rame, jawabannya: "Nih tempat bayar ngontraknya berapa?pasti mahal. Bisa bayarinnya nggak nanti?".
Kalo mau yang murah ada tu, dideket kuburan biasanya murah..(hehehe..).
Kalo dikasi tempat yang sepi, jawabannya: "Apa ya ada orang yang mau beli kesini? paling juga kuntilanak yang mau beranak!".
Soal umur:
Umur yang produktif cuma ada muda dan tua.
Yang masih muda, jawabannya: "Wah ntar aja deh, belum perlu masih ada donatur kok, ntar-ntar aja deh masih sibuk-sibuk juga, mejeng2 ksana kemari. Masa muda kan cuma sekali, nikmatin aja dulu lagi, lagian belum punya pengalaman ntar malah bangkrut ".
Kalo yang tua: "Wah, saya ini kan dah tua, kalah gesit sama yang muda-muda. Lagian mo ngapain lagi, harta kan ga dibawa mati. Sekarang tu saatnya nyiapin bekal ibadahnya".

Adaaa aja jawabannya kalo emang ga punya mindset jadi pedagang, 1001 alasan kali yah.
Dari sini kita bisa belajar kalo apapun itu tinggal dari kemauan kita. Kalo kita memang bener-bener mau, gunungpun bisa didaki, laut juga bisa diarungi, bumi ini bisa dikelilingi, bulan juga bisa didatengi apapun bisa aja terjadi kalo kita bener-bener mau + Tuhan kasi ijin. Tapi buat orang yang emang ngga mau, jangankan mendaki gunung, buat ngebuka mata aja kalo emang ngga mau ya ngga bakal terjadi yang ada cuma ngeyelisme 1001 alasan bisa aja dibikin.

Bagi orang yang emang bener2 mau, kaya masalah modal tadi kan bisa pinjem kalo ngga punya, kalo punya dan ga bisa ngelola ya kerjasama/ invest sama yang udah ahli. Emang masih banyak yang perlu dipikirin lagi selain itu, tapi kalo jawaban yang keluar dari kita itu cuma yang negatif2 aja maka nggak bakalan bisa mulai.

Monggo dipun komentari...

This entry was posted on Rabu, 10 September 2008 at 12.08 . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar